Selasa, 04 September 2012

Liburan di Tenggarong




TEMPAT WISATA DI TENGGARONG


                  Sebagaimana obyek dan tarik wisata di Pulau Kalimantan secara umum, obyek dan daya tarik wisata di Kab. Kukar sebagian besar merupakan wisata alam dan budaya. Obyek wisata alam berupa pantai, air terjun, danau dan hutan merupakan andalan utama dan dapat dinikmati sebagai pariwisata massal (mass tourism) maupun pariwisata minta khusus. Pariwisata massal yang sudah berkembang umumnya terletak tidak jauh dari kota Tenggarong. Sedang wisata alam yang berada di kawasan pedalaman relatif belum berkembang, terutama disebabkan oleh keterbatasan aksebilitas dan ketersediaan fasilitas pendukungnya.
Obyek dan daya tarik wisata di Kab. Kukar pada umumnya belum sepenuhnya dikembangkan. Dari sekian banyak obyek dan daya tarik wisata di masing-masing kecamatan, hanya beberapa yang sudah dikembangkan, diantaranya:
  • Waduk Panji Sukarame, yang berada di daerah Rondong Demang, Kec. Tenggarong
  • Pulau Kumala, yang merupakan pulau di tengah Sungai Mahakam di Kec. Tenggarong
  • Museum Mulawarman, yang merupakan museum tempat menyimpan peninggalan kerajaan Kutai Kartanegara dan terletak di Kec. Tenggarong
  • Monumen Pancasila, yang merupakan monumen lambang keberhasilan Pemerintah Daerah Kab. Kutai dalam melaksanakan pembangunan daerah. Monumen ini terletak di Kec. Tenggarong
  • Pondok Labu, yang merupakan perkampungan Suku Dayak Benuaq, terletak 25 km dari Kota Tenggarong
  • Museum Kayu, terletak di komplek waduk Panji Sukarame
  • Wisata Alam Bukit Bangkirai, merupakan wisata alam dan petualangan yang bterletak di Samboja, dan terkenal dengan jembatan Tajuk (canopy Bridge)
  • Borneo Orang Utan Survival (BOS), Samboja Lodge yang merupakan wisata alam
1. Jam Bentong

       Jam Bentong merupakan tugu yang dilengkapi dengan 4 (empat) buah jam besar yang dapat dilihat dari 4 penjuru arah. Jam Bentong terletak dikawasan Jembatan Kutai Kartanegara tepatnya di km 5 jalan Tenggarong-Samarinda.

2. Museum Mulawarman
 
       Museum Mulawarman terletak di jalan Pangeran Diponegoro, Kota Tenggarong. Bangunan museum Mulawarman merupakan bekas Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara yang dibangun pada tahun 1936. di dalam museum dapat dijumpai beraneka macam keramik kuno, patung Lembu Suana, koleksi benda bersdejaah peninggalan Kerajaan Kutai Kartanegara, benda-benda budaya dari daerah Kutai, koleksi mata uang kuno, dan sebagainya. Museum ini terbuka setiap hari untuk umum, kecuali hari Senin.
 3. Pulau kumala





              Pulau Kumala merupakan saebuah pulau kecil yang terletak ditengah-tengah sungai Mahakam di wilayah Koyta Tenggarong. Pulau Kumala ini merupakan delta yang berbentuk seperti perahu. Pulau seluas 76 ha ini dibangun sejak tahun 2000 sebagai kawasan wisata andalan Kota Tenggarong. Berdasarkan masterplan Pulau Kumala ini terbagi dalam 4 zona, yaitu:
a. Zona I seluas 30 ha, sebagai kawasan taman rekreasi
b. Zona II seluas 9 ha, sebagai kawasan taman rekreasi air
c. Zona III seluas 24,5 ha, sebagai kawasan hutan dan preservasi
d. Zona IV seluas 12,5 ha, sebagai kawasan resort dan cottage
Pembangunan taman wisata Pulau Kumala dilakukan secara bertahap dan akan terus berkembang dan diharapkan menjadi obyek wisata yang dibanggakan dan menjadi cirri khas Kab. Kutai Kartanegara. Taman wisata Pulau Kumala dikembangkan sebagai tempat rekreasi keluarga yang lengkap dengan berbagain fasilitas, seperti permainan, hiburan, restoran, penginapan, dll. Saat ini pengunjung telah dapat menikmati fasilitas seperti kereta api untuk mengelilingi pulau, sky tower dengan ketinggian 75 mtr, serta kereta gantung (cable car) yang menghubungkan Tenggarong Seberang dengan Pulau Kumala. Berbagai fasilitas yang akan dikembangkan adalah arenaq permainan anak-anak dan keluarga, aquarium pesut mahakam, rumah adat lamin, cottage, dll.
Akses menuju Pulau Kumala dapat dilakukan dengan menggunakan kereta gantung dari Tenggarong Seberang maupun perahu motor/ketingting yang tersedia di dermaga kota Tenggarong.

0 komentar:

Poskan Komentar

Tolong komentarnya yang berhubungan dengan artikel yang ada.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More